Menjaga dan Melestarikan Lagu-Lagu Minang



Yan Juned & Rosnida YS - Buayan Buluah




Gamad atau Gamat adalah salah satu jenis musik tradisional Minangkabau yang berkembang di daerah pantai barat Sumatera Barat . Musik ini lahir akibat perbauran antara budaya pribumi Minangkabau dan budaya Barat (akulturasi), yang sampai sekarang tetap hidup dalam masyarakat Minangkabau, khususnya di Kota Padang. Walaupun musik Gamat lahir dari akulturasi budaya pribumi dan budaya Barat, tetapi bagi masyarakat Kota Padang musik tersebut sudah dianggap sebagai milik dan bahagian dari tradisi mereka, sehingga ada rasa tanggung jawab bagi masyarakat tersebut untuk melestarikannya.

Bentuk ensambel musik Gamat terdiri atas gabungan vokal dan instrumental, yang secara tradisional menggunakan biola, akordeon, gitar, gendang, dan bas sebagai instrumennya. Vokal berperan sebagai pembawa lagu yang liriknya berupa pantun-pantun Minangkabau yang bersifat metafor (kiasan).

Sebagai seorang putra Minang, Yan Jened telah menjadikan musik gamad begitu dikenal hingga negara tetangga, sudah banyak Album Gamad yang dibuatnya, termasuk album Buayan Buluah ini. Selamat mendengarkan....


Daftar Lagu

01 Buayan Buluah

02 Silimbau

03 Perak-Perak



04 Jambatan Basi

05 Dayuang Piaman

06 Tanjuang Aua

07 Nasib Sawah Lunto

08 Sitikam

09 Lagu Duo

10 Kaparinyo



Informasi Artikel : Yan Juned & Rosnida YS
Description : Buayan Buluah
Label : Gamad
Rating : 6.5
Incoming Search : Yan Juned, Rosnida YS, Gamad




Mau Download Silahkan Klik Link ini
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lagu Minang

Kintani

Komentar Anda

Support