Menjaga dan Melestarikan Lagu-Lagu Minang



Junaidi BL - Nada Kim Terbaru




Junaidi BL - Nada Kim Terbaru

KIM kependekan dari Kesenian Irama Minang (KIM), sebuah kesenian yang menggabungkan undian berhadiah dengan seni musik dan pepatah. Tradisi ini menjadi unik, lantaran penonton akan fokus dengan syair untuk mendapati angka-angka yang disebutkan penyanyi.

Sejarah KIM sendiri pertama kali di populerkan oleh Idham Rajo Bintang (salah seorang tokoh pariwisata Sumbar) pada tahun 1968.

Sebelum musik didendangkan, penonton diberi lembaran kertas berisi angka, terdiri dari lima baris, setiap lajur ada lima kombinasi angka. Jika lima kombinasi angka pada satu lajur berhasil diisi, maka si penonton berhak mendapatkan hadiah. Panitia sudah menyediakan hadiah. Biasanya hadiah mulai dari baju, jam dinding, kipas angin, mesin cuci, bahkan sepeda.

Sekilas, lembaran kertas dan angka-angkanya mengingatkan dengan permainan Bingo, permainan komunitas di mana angka-angka ditarik secara acak dan pemain menandai angka tersebut di kupon yang mereka bawa, hingga sepadan dengan pola yang telah ditentukan. 


Namun menariknya, penonton dituntut mendengarkan musik yang didalamnya berisikan pepatah, petitih hingga gurindam dalam lagu tersebut. Tentu, dalam lagu tersebut terselip angka yang disebutkan, tinggal mencocokkan dengan lembaran kertas yang ada di tangan penonton. Biasanya angka yang disebutkan muncul di papan yang sudah disiapkan di samping penyanyi. Jadi jika ketinggalan dengan angka yang disebutkan bisa mengintip di papan tersebut. Semakin lama bermain, semakin besar hadiah yang didapat.

Permainan ini sangat atraktif, lucu dan menghibur, sehingga selalu hadir di setiap pesta pernikahan ataupun arena pameran besar. Bahkan perantau minang dalam perkumpulan mereka sering menyelipkan permainan ini saat mengadakan pertemuan akbar.


Video Junaidi BL - Pariaman

Commercial Photography


Daftar lagu ( MP3 )

01 Junaidi BL - Pariaman

02 Junaidi BL - Raja Doli

03 Junaidi BL - Anak Kala

04 Junaidi BL - Rantak Kudo

05 Junaidi BL - Tan Akong

06 Junaidi BL - Umpan Jinak

07 Junaidi BL - Barokinaka Loki

08 Junaidi BL - Es Lilin

09 Junaidi BL - Jangan Mengharap

10 Junaidi BL - Saman Kau Menghina

11 Junaidi BL - Lambaian Terakhir

12 Junaidi BL - Samalam Di India



Junaidi BL - Nada Kim Terbaru
Description : Nada Kim terbaru
Label : Junaidi BL
Rating : 6.5
Incoming Search :Junaidi BL - Nada Kim Terbaru




Simak lagunya, Jangan lupa beli CD Originalnya agar musik Minang terus maju dan berkembang. Silahkan berkomentar untuk kemajuan blog kito.


Kritik & Saran kami tunggu.....!
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lagu Minang

Kintani

Komentar Anda

Support